subhan.esde@yahoo.com

Umur

Ketika diperlihatkan anak-cucunya oleh Allah, Nabi Adam melihat ada satu orang paling bercahaya, tetapi umurnya cuma 40 tahun. Dialah Nabi Daud. Adam kasihan lalu meminta umurnya dikurangi 60 tahun dan diberikan kepada Daud, hingga genap 100 tahun. Kisah itu terdapat dalam hadits yang disampaikan Abu Hurairah. Umur Adam 930 tahun atau 1.000 tahun. Usia nabi-nabi generasi awal memang panjang-panjang. Nabi Nuh berumur 950 tahun atau lebih 1.000 tahun. Nabi Idris 865 tahun, Nabi Hud 464 tahun, Nabi Ibrahim 175 tahun, Nabi Ishaq 180 tahun. Namun, ada juga nabi berumur pendek. Nabi Sulaiman 52 tahun. Nabi Isa 33 tahun di bumi. Nabi Muhammad berumur 63 tahun. “Umur umatku antara 60 hingga 70 tahun dan sedikit dari mereka yang melebihi itu,” sabda Nabi (HR Tirmidzi/Ibnu Majah).      

Umur memang misteri. Bukan soal angka saja, bahkan hitungannya pun bisa sekejap. “…Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu” (QS Al-Hajj: 47). Berarti, kalau rata-rata umur 60-an tahun, maka kita cuma hidup 1,5 jam saja. Hidup terasa sebentar bukan? Padahal umur termasuk yang dipertanyakan di akhirat, selain masa muda, harta, dan amal (HR Tirmidzi). Dari segala sisi, generasi sekarang sudah pasti tak mampu menyaingi nabi-nabi. Sudah umurnya panjang-panjang, kualitas ketakwaannya di level tertinggi dan sifatnya pun terjaga (ma’shum).  

Karena itu, kalimat candaan “ingat umur” sebetulnya membantu bawah sadar kita untuk introspeksi. Maka, perlu kita renungkan, “Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amalnya, dan sejahat-jahat manusia adalah orang yang panjang umurnya dan buruk amalnya” (HR Imam Ahmad). Artinya jangan biarkan umur berlalu sia-sia. Dengan jatah umur pendek, untunglah Allah memberi bonus, antara lain yang rutin datang pada Ramadhan: lailatul qodar. Malam penuh berkah itu 1.000 bulan atau setara 83 tahun (QS Al-Qadr: 3). Mari berikhtiar mendulang bonus. Semoga Allah memberikan pertemuan dengan lailatul qodar tahun ini. 

Ngabuburit Senja, 19 Ramadhan 1441/12 Mei 2020

2 thoughts on “Umur”

  1. try harijono says:

    Undangan atas nama kita, saya, agar menghadap – Nya, sudah disiapkan. Tinggal dicantumkan tanggalnya. Terima kasih Kang sudah diingatkan…

    1. M Subhan SD says:

      Kita ternyata sama-sama mengantre, semoga persiapannya terbaik.

Comments are closed.